Kamis, 09 Maret 2017

esay tentang pengalaman komunikasi

Pengalaman Komunikasi

Berkomunikasi dengan orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda membuat sebuah komunkasi menjadi kurang efektif. Sesuai dengan salah satu prinsip komunikasi, bahwa semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin efektiflah komunikasi.
Prinsip tersebut tentu semakin menjelaskan bahwa perbedaan budaya dalam masyarakat membuat komunikasi menjadi kurang efektif. Sebagai individu komunikasi merupakan hal penting agar dapat menunjukan eksistensinya dan untuk itu individu-individu cenderung memiliki rasa kebersamaan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang budaya yang sama atau mirip.
Perbedaan budaya antar individu menyebabkan sebuah hubungan menjadi kurang efektif karena melalui cara pandang individu yang berbeda itu dapat menumbuhkan berbagai persepsi positif maupun sebaliknya.
Cara pandang berbeda itu muncul dari berbagai perbedaan kondisi sosial seseorang dan budaya di sekitar mereka. Hal ini tentu mempengaruhi proses komunikasi yang terjadi diantara dua individu atau lebih yang memiliki budaya yang berbeda.
Dari segi pengalaman proses komunikasi kita harus bisa mempelajari dan harus bisa menempatkan dimana kita harus berkomunikasi. misalnya berkomunikasi dengan orang tua kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan. jika berkomunikasi dengan teman sendiri kita bisa berbahsa semua kita asal tidak menyinggung perasaan. karena jika berbahasa dengan orang yang berbeda kultur atau bahasa kita harus mengetahui ciri-ciri orang tersebut dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar